Inilah Pentingnya Investasi Saham Sejak Dini

Di era modern saat ini banyak kebutuhan serta keinginan yang ingin di penuhi bagi semua orang. Untuk memenuhi semua tuntutan tersebut, tidak cukup jika kamu hanya mengandalkan keuntungan dagang atau gaji saja.

Supaya kamu bisa menjamin semua kebutuhan dan keinginan, ada baiknya kamu mengetahui pentingnya berinvestasi saham sejak dini. Ada banyak jenis investasi yang perlu kamu ketahui, seperti deposito, emas, properti, obligasi, dan saham.

Untuk kali ini, kami akan membahas pentingnya investasi saham yang bisa menjamin kebutuhan dan keinginanmu. Tak hanya itu saja, investasi saham juga bisa menjamin di masa depanmu lho.

Mau Tahu Apa Saja Pentingnya Investasi Saham?

1. Pengaruh Inflasi

Pentingnya investasi saham paling utama yaitu dapat melawan pengaruh inflasi atau kenaikan harga. Dengan adanya inflasi akibat kenaikan harga maka pengeluaran masyarakat juga akan berkurang. Hingga orang yang memiliki aset lebihpun perlu mempelajari investasi saham, guna melindungi harga yang mereka miliki.

Hal ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi pengaruh inflasi yang tidak bisa diperkirakan.

2. Persiapan Masa Depan

Alasan kedua yang wajib kamu ketahui yaitu kamu bisa mempersiapkan sejak dini. Seperti menabung untuk biaya pendidikan yang kemungkinan setiap tahun biayanya akan naik terus.

3. Mengatasi Hal Yang Tidak Terduga

Ada beberapa kemungkinan yang tidak bisa kita prediksi, sehingga perlunya investasi saham yaitu mencegah biaya kecelakaan yang menyebabkan cacat atau membutuhkan biaya cukup mahal.

Berikut Ini Ada Keuntungan Investasi Saham Yang Perlu Kamu Ketahui!

1. Potensi Capital Gain

Capital gain atau kenaikan harga saham merupakan selisih harga beli dan harga jual saham. Perubahan bisa dipengaruhi oleh banyak hal, seperti performa suatu perusahaan dari waktu ke waktu.

Jika kamu bisa memilih saham yang tepat, maka keuntungan yang akan kamu dapatkan juga bisa menggiurkan lho.

2. Dividen

Dividen yaitu pembagian keuntungan atau laba yang diberikan oleh perusahaan terhadap para pemegang saham. Yang perlu kamu ketahui juga, bahwa dividen memiliki 2 jenis lho diantaranya ada tunai dan saham.

Dimana sistem dividen tunai yaitu perusahaan akan memberikan uang tunai seharga satu lembar saham terhadap pemegang saham. Sedangkan, dividen saham yaitu jumlah saham yang dimiliki oleh investor akan bertambah.

3. Aman Dan Transparan

Salah satu bisnis yang aman dan sangat transparan dapat kamu temukan melalui investasi saham. Karena, seluruh aktivitas mulai dari jual dan beli akan dilakukan dalam satu lingkup saja, yakni bursa efek.

Apakah kamu tahu risiko investasi saham?

Walaupun banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi saham. Namun untuk berbisnis seperti ini, tentunya tak hanya menghasilkan buah manis saja, melainkan ada beberapa risiko yang wajib kamu ketahui juga.

Pahami risiko invertasi saham diantaranya :

1. Capital Loss

Capital loss yaitu ketika kinerja perusahaan menurun maka yang akan terjadi harga per lembar saham menurun. Risiko yang perlu kamu ketahui jika kondisi investor menjual saham lebih rendah dari harga beli. Seperti yang ada diatas, jika capital gain yaitu kenaikan harga per lembar saham.

2. Likuidasi

Selain capital loss, ada risiko yang perlu kamu ketahui yaitu likuidasi. Dimana risiko ini dapat kamu temui, jika perusahaan sahamnya dimiliki oleh investor saham tersebut dinyatakan gulung tikar atau bangkrut oleh pengadilan/dibubarkan.

Maka hal ini dapat di klaim perusahaan tidak dapat memberikan keuntungan apapun pada pemegang saham.

Nah, penjelasan diatas bisa kamu pelajari bagi para pemula investasi saham. Jangan lupa baca artikel kami selanjutnya, untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi lainnya.