Kebebasan Finansial

3 Tips Mencapai Kebebasan Finansial

Siapa sih yang tidak mau mencapai kebebasan finansial? Hal ini pastilah merupakan mimpi dari setiap orang.

Buktinya, banyak orang yang bilang “aku ingin kaya”, kalian mungkin salah satunya. Hal ini berarti kalian juga ingin mencapai sebuah kebebasan finansial dimana kalian tak perlu bingung dimana kalian harus mendapatkan uang.

Namun, mencapai hal ini bukanlah hal yang mudah karena diperlukan ketekunan dan kerja keras agar bisa menggapainya.

Nah, untuk kalian yang saat ini masih belum mencapai hal tersebut, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips agar kalian bisa mencapai kebebasan finansial.

1.Hentikan Pengeluaran Yang Tak Diperlukan Lalu Buat Anggaran

Hentikan Pengeluaran Yang Tak Diperlukan Lalu Buat Anggaran

Banyak orang yang sering menghabiskan uang saat sedang tertekan, gelisah, atau hanya sekedar menyenangkan orang lain.

Padahal, hal inilah yang membuat keuangan kita sangat tidak sehat dan terkesan boros. Karena itula, mulailah belajar untuk menghentikan kebiasaan ini.

Hentikan pengeluaran yang tidak terlalu penting dan mulailah mencatat setiap pengeluaran kalian selama sebulan atau seminggu.

Jangan hanya mencatat nominal uangnya saja namun catat juga kenapa kalian mengeluarkan uang tersebut.

Selanjutnya, kalian harus membuat sebuah anggaran berdasarkan penghaslan kalian selama sebulan, bukan berdasarkan pada pengeluaran kalian.

Dengan cara ini, maka kalian tidak akan menghabiskan banyak uang karena kalian sudah mengelola dan mengalokasikan anggaran kalian tiap bulan.

Jangan pernah menghabiskan lebih dari apa yang kalian anggarkan dan hasilkan karena hal ini hanya akan membawa kalian kepada hutang yang menumpuk.

2.Kontrol Kartu Kredit dan Tingkatkan Jumlah Tabungan

Kontrol Kartu Kredit dan Tingkatkan Jumlah Tabungan

Jika kalian belum memiliki kartu kredit, sebaiknya buang pikiran untuk memiliki kartu kredit jauh-jauh. Akan lebih baik jika kalian hanya berpaku kepada pendapatan kalian.

Karena, hal ini akan membuat kalian lebih berhati-hati dalam membeli sebuah barang dan lebih memikirkan mana yang lebih penting.

Namun, untuk kalian yang sudah memiliki kartu kredit, control lah diri kalian dari pembayaran kartu kredit dan juga pengeluaran kalian agar tidak membuang terlalu banyak uang.

Untuk memiliki control yang lebih baik, lebih baik kalian menggunakan yang tunai dan kartu debit untuk setiap pembelian yang akan kalian lakukan.

Selain itu, agar kalian bisa pension dengan aman dan nyaman, kumpulkanlah tabungan yang cukup selama kalian masih bekerja.

Kalian bisa menyimpan 10 – 15% dari penghasilan kalian setiap bulan. Praktik ini diyakini dapat mempermudah kalian dalam menabung.

3.Lakukan Pendanaan Dengan Bijak dan Terus Belajar

Lakukan Pendanaan Dengan Bijak dan Terus Belajar

Semakin tinggi imbalan, maka akan semakin tinggi juga risiko yang harus kalian tanggung. Inilah yang harus kalian pegang sebagai prinsip investasi kalian.

Investasi yang akan kalian lakukan sangat bergantung pada risiko yang siap kalian tanggung nantinya. Untuk memaksimalkan hal ini, kalian bisa menginvestasikan uang ke dalam berbagai asset yang kalian suka.

Misalnya saham, reksadana, emas, obligasi, atau tanah dan property. Tergantung seberapa besar kalian bisa menanggung risiko nantinya.

Kalian juga harus terus belajar dari orang-orang yang bisa mengendalikan keuangan mereka dengan sangat hebat.

Perhatikanlah apa yang mereka lakukan. Jika tidak ada, kalian bisa mempelajarinya di Youtube maupun di pendidikan formal finansial.

Hal uini diharapkan bisa membuat kalian mendapatkan banyak saran dari guru mengenai cara untuk mencapai kebebasan finansial kalian dengan lebih cepat.

Itulah 3 tips mudah untuk mencapai kebebasan finansial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.