Manajemen Keuangan

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Manajemen Keuangan

Dalam setiap perusahaan, keuangan merupakan pondasi terkuat yang menentukan kemana arah perusahaan.

Keuangan juga sangat riskan karena jika tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan kebangkrutan pada perusahaan.

Di dalam sebuah perusahaan sendiri, ada sebuah bagian yang dikhususkan untuk mengurus keuangan. Biasanya disebut dengan manajemen keuangan.

Manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaa, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan asset yang dimiliki oleh perusahaan. Pengelolaan keuangan juga harus direncanakan dengan matang.

Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Setelah mengetahui pengertian manajemen keuangan, ada beberapa tujuan manajemen keuangan yang juga harus kalian ketahui, yaitu:

  • Menjaga Arus Kas

Di dalam sebuah perusahaan, keluar masuknya uang kas arus dipantau terus menerus aga tidak terjadi pengeluaran yang membengkak. Jika sampai terjadi, perusahaan bisa mengalami kerugian.

Uang kas juga biasanya dikeluarkan untuk membeli bahan baku, menggaji karyawan, membayar listrik dan air, serta pengeluaran pengeluaran lainnya.

  • Memaksimalkan Keuangan Perusahaan

Tugas seorang akuntan menejemen bukan hanya mengawasi keuangan namun juga melihat aktivitas anggaran dana yang tidak menguntungkan agar bisa dihilangkan dan diganti dengan aktivitas yang lebih menguntungkan.

  • Mempersiapkan struktur modal

Mereka juga merencakan struktur modal yang harus seimbang antara anggaran yang dimiliki dengan dana yang dipinjam perusahaan.

Manajemen Keuangan
  • Memaksimalkan keuntungan

Perencanaan keuangan yang tepat juga akan mampu memaksimalan keuntungan yang di dapat dalam jangka waktu yang panjang.

Terlebih dengan terbiasa mengatur keuangan dengan baik dari sisi debit dan kredit, kamu dapat mengetahui kapan saat terbaik bermain game slot JOKER123, melakukan betting serta withdraw di game slot online indonesia tersebut.

Dengan begitu, kamu akan lebih mahir dan bijak lagi dalam bermain game slot tersebut. Jika kamu sudah hafal pergerakannya, kamu bisa mendapatkan jackpot serta bonus yang besar.

  • Meningkatkan Efisiensi

Dengan anggaran dana yang tepat pada semua aspek, maka efisiensi dana perusahaan akan terus meningkat

  • Mengoptimalkan kekayaan perusahaan

Mereka juga harus mampu membaca pasar saham karena mereka akan memberikan pembagian laba semaksimal mungkin kepada pemegang saham.

Hal ini tentu saja akan terus meningkatkan perusahaan dan memberikan kepercayaan kepada pemegang saham untuk terus berinvestasi.

  • Mengurangi risiko operasional

Keputusan yang tepat yang dilakukan oleh seorang manajer keuangan akan mempengaruhi risiko bisnis yang tidak pasti di setiap waktu.

  • Memastikan kelangsungan hidup perusahaan

Mereka juga berperan sangat penting bagi jalannya sebuah perusahaan. Keputusan yang tepat akan mampu membuat perusahaan bertahan di persaingan bisnis. Namun, jika keputusan tidak hati-hati maka akan menyebabkan sebuah perusahaan bangkrut.

  • Mengurangi biaya modal

Mereka juga harus membuat perencanaan modal yang tepat agar penggunaan modal bisa diminimalisir.

Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Selain tujuan, seorang Manajemen Keuangan juga harus memiliki fungsi yang jelas. yaitu:

  • Planning

Merencanakan keuangan dalam sebuah perusahaan sagatlah penting. Perencanaan keuangan meliputi mengatur uang kas, menghitung rugi laba, dan merencanakan arus kas.

  • Budgeting

Budgeting merupakan kegiatan mengalokasikan dana untuk setiap keperluan perusahaan. Alokasi dana juga harus dilakukan seminimal mungkin dan memaksimalkan anggaran yang ada.

  • Controlling

Adalah melakukan control atau evaluasi pada tiap keuangan yang sedang berjalan. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki sistem keuangan perusahaan agar perusahaan dapat bertahan.

  • Auditing

Audit adalah proses pemeriksaan keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi untuk menghindari terjadinya penyelewegan dan penyimpangan dana perusahaan.

  • Reporting

Reporting adalah melaporkan keuangan yang harus dilaksanakan secara terbuka dan transparan pada setiap kalangan perusahaan. Laporan akan berguna untuk memberi informasi keadaan keuangan perusahaan.

Mengatur keuangan perusahaan sebenarnya tak sesulit yang kalian bayangkan. Yang penting di dalam manajemen keuangan adalah kejujuran dan transaparansi. Apalagi mengingat masalah keuangan sangatlah rentan dimanipulasi.

Itulah beberapa informasi mengenai manajemen keuangan yang harus kalian tahu. Semoga artikel ini bermanfaat.