MENYUSUN MANAJEMEN KEUANGAN

CARA MENYUSUN MANAJEMEN KEUANGAN

Seorang pebisnis memiliki peran penting dalam mengatur segala aspek keuangan dalam berbisnis. Tak hanya memikirkan bagaimana mendapat keuntungan saja, tetapi supaya perputaran uang bisa berjalan dengan baik. Dalam perputaran uang ini sangat banyak ragam nya, seperti bayar tagihan , penarikan tagihan, gaji karyawan, pemasukan barang dan juga dalam pengiriman sebuah barang. Banyak yang menyebutkan bila semakin cepat arus kas, semakin cepat pula laba yang akan kita dapatkan, dan semakin sedikit tanggungan yang akan terjadi.  Tanggungan yang di maksud adalah nilai pemasaran dan juga penurunan nilai suatu barang. Nah di balik bisnis yang memang sukses, banyak membutuhkan pengelolaan keuangan yang sangat tertata rapi. Nah kira – kira bagaimana ya cara mengatur keuangan dengan baik ?

1. Pisah kan uang pribadi dan juga uang bisnis

Pisah kan uang pribadi dan juga uang bisnis

Tips untuk mengelola uang kita yang pertama adalah pisah kan lah uang bisnis dan juga uang pribadi, Untuk para pebisnis pemula, memang hal ini sering terlupakan padahal jika uang bisnis dan uang pribadi tidak di pisahkan sejak awal, arus kan bisnis nya akan terganggu. Selain itu, bisa menyatukan atara uang bisnis dan uang pribadi akan mempersulit dalam hal pembukuan, nah bilaa tidak waspada, kamu bisa saja memakai uang bisnis untuk keperluan pribadi kamu . Sehingga omset bisnis pun akan menjadi kurang untuk hal – hal yang sebenar nya tidak di perlukan. Di satu sisi, kamu juga akan sulit menghitung pemasukan dan juga pengeluaran bila kamu masih sama menggabungkan uang bisnis dan uang pribadi. Maka dari itu meskipun uasaha kamu masih kecil, tatpi kamu memiliki laporan keuangan yang baik , dimana hal tersebut bisa membantu bisnis kamu untuk lebih berkembang lagi.

2. Membuat laporan kuangan dengan serapih mungkin

Membuat laporan kuangan dengan serapih mungkin

Yang kedua adalah usahakan untuk membuat laporan keuangan dengan rapi dan sehat. Buatlah laporan keungan setiap bulan ya fllas, bukan cuma perusahaan bessar saja yang harus memiliki buku laporan keuangan, namun umkm juga harus memiliki nya. Untuk kamu yang sedang membangun sebuah bisnis, tidak boleh lalai dalam pembuatan buku laporan keuangan. Terdapat empt jenis laporan keuangan yang di butuhkan dalam menjalani suatu usaha yaitu laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan paloran perubahan modal. Jika kamu belum bisa membuat ke empat laporan yang tadi telah di sebutkan karena bisnis nya masih baru, setidak nya kamu butuh untuk membuat laporan arus kas laba dan juga rugi. Dengan ada nya laporan keuangan ini pula akan menghindari sesuatu yang bisa menghancurkan perjalanan bisnis. Untuk membuat suatu laporan keuangan, ada baik nya dilakukan dengan cara komputerisasi supaya catatan keuangan tidak hilang atau rusak.

3. Menyiapkan dana darurat

Menyiapkan dana darurat

Yang ketiga adalah jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, Hal ini adalah salah satu proses untuk penerapan manajemen resiko, karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada bisnis kita ke depan nya, ibarat kan dengan pepatah sedia payung sebelum hujan. Kita juga harus menyediakan dana darurat apabila ada hal yang mendesak terjadi. Untuk penyusunan dana darurat, kamu harus bisa mencadangkan beberapa % hasil laba atau keuntungan. Jadi, jangan buat semua uang laba untuk di pakai memberi bonus kepada karyawan atau perluasan bisnis , tetapi gunakan lah laba tersebut untuk uang atau dana cadangan bila di masa depan terjadi sesuatu.

Itulah 3 tips jitu untuk mengelola manajemen kauangan yang bisa di lakukan. Dengan mengelola keuangan bisnis secara bersih dan sehat, akan membuat suatu bisnis menjadi lancar dan juga bisnis akan berkembang secara pesat.