Tugas Finance

Berbagai Tugas Finance, Sudah Tahu?

Dalam dunia bisnis, ada 4 aspek tugas yang mendominasi, keempat aspek ini adalah FAME (tugas Finance, Accounting, Management, dan Economics), yang juga merupakan jurusan populer di berbagai universitas di dunia.

Walaupun keempatnya terdengar mirip, namun ternyata berbeda sama sekali. Finance dan accounting merupakan subjek yang paling populer dari keempat aspek tersebut.

Biasanya calon mahasiswa juga akan bingung untuk memilih jurusan mana yang ingin mereka ambil karena berangapakn finance dan accounting secara keseluruhan adalah sama.

Namun ternyata, ada perbedaan dari berbagai aspek mulai dari konteks, definisi, hingga peluang karir. Untuk mengetahui lebih dalam, yuk simak tugas finance accounting staff di bawah ini.

Apa Saja Sih Tugas Finance?

Tugas Finance

Finance berbicara tentang manajemen keuangan dan investasi bagi individu, korporasi, dan pemerintahan.

Para professional di bidang finance biasanya berkarir di bidang investment banking, layanan pengelolaan keuangan, serta perencanaan dan analisis keuangan.

Tugas finance staff adalah memastikan adanya dana yang memadai (modal) pada setiap situasu yang ada.

Selain itu, mereka juga memastikan bahwa dana tersebut dialokasikan seoptimal mungkin. Para ahli finance juga harus bisa mengelola modal hingga bisa mengalami peningkatan yang lebih tinggi dari hasil yang diperkirakan.

Berikut ini adalah tugas finance accounting secara umum:

1.Pengumpulan Data

Tugas Finance

Pekerja finance punya tugas yang sangat penting dalam setiap lembaga atau perusahaan, yaitu mengumpulkan dana untuk kegiatan operasional.

Mulai dari pengeluaran sehari-hari, biaya produksi, pembelian bahan baku, mempekerjakan pegawai yang tepat dalam perusahaan, dan lain-lain.

Perusahaan akan membutuhkan sumber dana yang besar dari banyak sumber, dan tugas pekerja finance adalah menemukan sumber-sumber tersebut, baik dengan cara berhutang pada lembaga keuangan atau mengumpulkan dana dari masyarakat.

2.Pendistribusian Dana

Tugas Finance

Hal yang tak kalah penting dari pengumpulan dana adalah mendistribusikannya dengan benar, seorang ahli finance harus tahu cara mengelola uang dengan benar, sehingga perusahaan atau individu bisa mendapatkan hasil investasi yang maksimal dalam beberapa thun ke depan.

Mereka juga harus tahu bagaimana langkah investasi yang paling tepat dan menguntungkan mereka.

3.Pengelolaan Keuntungan

Tugas Finance

Anggap sebuah perusahaan telah menemukan cara investasi yang tepat dan memperoleh banyak keuntungan.

Produk terbaru mereka terjual habis dan jumlah konsumen semakin meningkat. Lalu, mau diapakan keuntungan yang didapat?

Inilah fungsi penting pekerja finance. Mereka harus tahu bagaimana mengelola keuntungan dengan benar  agar perusahaan semakin maju.

Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan pada para pemegang saham atau diinvestasikan kembali ke bisnis untuk meingkatkan kinerja perusahaan. Staff finance dalam perusahaan harus tahu langkah mana yang paling tepat.

4.Mengajukan Kebijakan Pada Petinggi Perusahaan

Tugas Finance

Fungsi terakhir yang tak kalah penting adalah bagaimana mengkomunikasikan kebijakan yang akan diambil pada pemimpin perusahaan agar disetujui.

Pekerja finance harus menguasai banyak soft skill penting yang bisa menunjang karir mereka. Misalnya, kemampuan untuk meyakinkan orang lain karena mereka harus banyak menjalin komunikasi dengan pemimpin perusahaan.

Tugas ahli finance adalah meyakinkan pimpinan untuk melakukan investasi, membagi keuntungan, hingga menyusun anggaran modal.

Itulah penjelasan mengenai tugas staff finance yang mungkin banyak orang yang masih keliru mengenai tugas finance dan accounting.

Dari sini, kita bisa melihat bahwa sebenarnya accounting dan finance memiliki fungsi yang cukup berbeda. Dimana accounting hanya berfokus pada pencatatan dan kebenaran laporan keuangan sementara finance berfokus pada pengelolaan keuangan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment